Saat ini PT Hino mengeluarkan chassis paling terbaru yaitu HINO RN 285. walaupun Hino bikinan Lokal indonesia, kita harus bangga karena Hino mempunyai banyak penggemar atau pembeli dari luar indonesia ( asing ). Kalau bicara tentang hino, untuk trek / jalur di indonesia sangat cocok sekali dengan medan jalannya yang bergelombang, sehingga Chassis dari Hino ini sangat dibutuhkan.
Chassis HINO RN 285 |
Kokpit HINO RN 285 |
Sebelum Chassis HINO RN 285, Hino juga mengeluarkan chassis HINO RK8 R260 yang sudah menembus best seller otomotif berat di indonesia, chassis ini juga mempunyai saingan dari MB yaitu OH 1526 dan OH 1626. Tetapi dibanding MB, Hino ini cukup baik untuk salip - menyalip atau biasa kita sebut ngeblong :D. Tapi kalau MB hanya cocok untuk trek lurus. menurut saya chassis MB kurang bagus digunakan untuk trek / jalan di indonesia. Memang dari segi nama MB jauh lebih punya nama di pasar dunia dibanding Hino, tetapi menurut saya Hino lebih baik dibanding MB.
New Shantika Chassis HINO RN 285 Sumber :Reynaldo |
Hino sebagai salah satu APM (Agen Pemegang Merk) yang menguasai pasar truk dan bus Indonesia menghadirkan Chassis Hino RN 285 dilengkapi dengan Air Suspension dan menggunakan mesin commonrail dengan turbo charger yang siap bersaing dengan rivalnya asal benua Eropa Mercedes Benz yang juga menghadirkan Chassis kelas premium bersuspensi udara juga Mercedes Benz OH 1626.
Perbedaan mencolok antara Hino RN 285 dengan Mercedes Benz OH 1626 terletak dari model chassis yaitu Hino dengan model Ladder Frame sedangkan Mercy OH 1626 dengan model Space Frame. Tetapi untuk engine dan fungsi lainnya juga tidak beda jauh. Nah bagi Anda yang ingin mengetahui spesifikasi dan harga Hino RN 285 sebagai berikut:
PRODUK
|
Model
|
RN 285
|
PRODUKSI
|
Kode Produksi
| |
PERFORMANCE
|
Kecepatan Maksimum(km/jam)
|
119
|
Daya Tanjak (tan Ø)
|
35
| |
MESIN
|
Model
|
J08E-VT
|
Tipe
|
Mesin Diesel 4 Langkah segaris,commonrail, Turbo Charge Intercoo
| |
Tenaga Maks (PS/rpm)
|
285/2500
| |
Momen Putir Maks. (Kgm/rpm)
|
91/1500
| |
Jumlah Silinder
|
6
| |
Diameter x Langkah Piston (mm)
|
112/130
| |
Isi Silinder
|
7684
| |
KOPLING
|
Tipe
|
Pelat Kering dengan Coil Spring
|
Diameter
|
380
| |
TRANSMISI
|
Tipe
|
ZF 6s1000BD
|
Perbanding Gigi
| ||
ke-1
|
7716
| |
ke-2
|
4423
| |
ke-3
|
2854
| |
ke-4
|
1915
| |
ke-5
|
1301
| |
ke-6
|
1000
| |
ke-7
| ||
ke-8
| ||
ke-9
| ||
mundur
|
7098
| |
KEMUDI
|
Tipe
|
Integral Power Steering
|
Radius Putar Min. (m)
| ||
SUMBU
|
Depan
|
Full floating type hypoid gear, single speed by hypoid gearings
|
Belakang
|
Reverse Elliot, I-section Beam
| |
Perbandingan gigi akhir
|
4300
| |
Sistem Penggerak
| ||
REM
|
Rem Utama
|
Full Air Brake
|
Rem Pelambat
|
terletak pada pipa gas buang
| |
Rem Parkirr
|
spring Brake
| |
RODA & BAN
|
Ukuran Rim
|
22.5 x 8.25 -165
|
Ukuran Ban
|
11R22.5 - 16PR
| |
Jumlah Ban
| ||
SISTIM LISTRIK
|
Accu
| |
TANGKI SOLAR
|
Kapasitas (L)
| |
DIMENSI (mm)
|
Jarak Sumbu Roda
|
6000
|
Panjang bak
|
-
| |
Total Panjang
|
11670
| |
Total Lebar
|
2450
| |
Total Tinggi
|
2020
| |
Lebar Jejak Depan FR Tr
|
2040
| |
Lebar jejak Belakang RR Tr
|
1820
| |
Julur Depan FPH
|
2380
| |
Julur Belakang ROH
|
3290
| |
SUSPENSI
|
Depan & Belakang
|
Air Suspension dilengkapi stabilizer dengan double Acting shock
|
BERAT CHASSIS (kg)
|
Depan
| |
Belakang
| ||
Berat Kosong
|
5420
| |
GVWR
|
16000
| |
HARGA SRP OFF THE ROAD JAKARTA
|
Rp 720.000.000
| |
TIPE KAROSERI
|
Dump
| |
Mobil Boks
| ||
Boks Berpendingin
| ||
Bak Terbuka
| ||
Crane
| ||
Mobil Derek
| ||
Sky Lift
| ||
Tangki
| ||
Los Bak
| ||
Angkut Kendaraan
| ||
Truk Logging
| ||
Molen
| ||
Tangki High Blow
| ||
Arm Roll
| ||
Mobil Pemadam
| ||
Ambulance
| ||
Truk Sampah
| ||
Mobil Penarik
|
0 komentar:
Post a Comment