Monday 10 November 2014

Aneka Ragam Transportasi Jakarta

Jakarta adalah Ibukota negara Indonesia dan mempunyai berjuta-juta penduduk di dalamnya. tentu saja dalam hal ini sangat membutuhkan fasilitas untuk menunjang semua kegiatan penduduk kota Jakarta tersebut. Salah satu nya yaitu Transportasi, transportasi yang dimaksud adalah transportasi yang mudah digunakan,nyaman,aman,dan terjangkau oleh masyarakat kota Jakarta yang terdiri dari bermacam-macam profesi.

oleh karena itu, saya ingin membahas tentang alat transportasi yang ada di Jakarta yaitu Bis, Angkot (angkutan kota), Taksi, Ojek, dan Kereta Listrik ( KRL ).

BIS


Sumber : Jakartakita.com


Bis adalah alat transportasi yang dapat memuat banyak penumpang. Di Jakarta ini transportasi bis banyak sekali dibutuhkan oleh masyarakat, terutama yang nyaman,aman,dan murah. Coba kita lihat transportasi bis yg ada di Jakarta ini banyak sekali yg kurang memadai contohnya METRO MINI dan KOPAJA yg masih banyak copet,jambret atau apalah itu..keistimewaan dari transportasi ini adalah suara kondekturnya yg lucu " rambutan bulus. rambutan.. bulus.. " juga dengan dipukul nya koin gopean ke kaca yang bertanda bahwa bis untuk berhenti.Memang transportasi ini mempunyai harga yang murah dan cepat. tapi dengan segala kekurangannya transportasi ini masih menjadi salah satu transportasi favorite oleh masyarakat Jakarta "prok prok prok". Dan satu lagi kelebihan dari Metro Mini atau Kopaja yaitu transportasi ini banyak melewati rute-rute yang sempit atau jarang di lewati oleh transportasi lain. FEEL THE SENSATION of Metro Mini and Kopaja


Sumber : transjakarta.co.id
Selain itu, Jakarta juga mempunyai transportasi Bis yg cukup bagus dan memadai, salah satunya TRANSJAKARTA. Transjakarta atau sering disebut Busway ini adalah transportasi yg dimiliki oleh jakarta dengan berbagai kelebihan  yaitu ber-AC, seat yg empuk, mudah dijangkau, dan harga relatif murah. Busway ini mempunyai slogan " Keliling Jakarta hanya Rp.3500" selain itu Busway ini baru menambahkan beberapa rute baru dan armada baru.Yang baru-baru ini armada Transjakarta baru menambah armada dengan mesin Scania dengan livery nya yang baru. Busway ini mempunyai 12 koridor. yang terbaru yaitu koridor 11 ( Kp.Melayu - Pulogebang) dan Koridor 12 ( Pluit - Tanjung Priok ). Biasanya koridor yg banyak digemari oleh masyarakat jakarta yaitu koridor 1 dan koridor 3.selain itu Busway ini mempunyai jalurnya sendiri. Busway ini mempunyai Central Koridor yang terletak di Harmoni. Apalagi ketika pas hari - hari pulang kerja, banyak sekali orang-orang dengan berbagai lelah menempati setiap halte untuk menunggu busway ini. Busway atau Transjakarta ini juga merupakan salah satu transportasi favorite masyarakat Jakarta..

Angkutan Umum



Angkot ( Angkutan Kota ) ini paling banyak di pergunakan oleh masyarakat kota Jakarta. keberadaan bisa dimana saja, di dalam kota maupun di luar kota. dengan warna yang beraneka ragam juga nomor yang disesuaikan dengan wilayah masing - masing. Angkutan ini biasanya mempergunakan mobil-mobil sejenis Honda Carry, Kijang, dll. Tarif angkot relatif bervariasi, rata-rata berkisar antara Rp.3000 s/d Rp.7000 tergantung jarak yang ditempuh. Angkutan ini merupakan angkutan favorite di kota Jakarta, karena nyaman,mudah didapat, dan murah.


Sumber : Wongday.blogspot.com


Selain Angkot ada juga transportasi yang tergolong langka. yaitu Bemo angkutan ini tergolong angkutan yang unik dan langka karena angkutan ini hanya tinggal beberapa armada. Rute nya pun hanya jalan-jalan tertentu yang bisa di lalui kendaraan bemo ini. Bentuknya yang lucu dengan 3 roda. Bemo memang merupakan angkutan yg unik, oleh karena itu pemerintah tetap mempertahankan angkutan ini untuk melestarikan sejarah angkutan kota Jakarta. Angkutan ini sering kita temui di Bendungan Hilir, Salemba, Percetakan Negara dll.


Sumber : Wikipedia.id
Selain Angkot dan Bemo, Transportasi yang satu ini, adalah angkutan yg hanya bisa di naiki 2 orang dan menggunakan 2 roda. yaitu Ojek. Angkutan ini biasanya menggunakan motor pengguna ojek ini sangan terbantu dgn kehadirannya. Kondisi kota jakarta yang cenderung macet, setiap saat kita bisa memanfaatkan ojek ini untuk mengejar waktu, bisa sampai di tempat tujuan lebih cepat. Karena motor bisa jalan lebih cepat dari pada kendaraan roda 4, pengguna ojek bisa pegawai, mahasiswa, pelajar, ibu rumah tangga. Bahkan dalam kondisi tertentu seorang pejabat pemerintah sekalipun rela atau pernah mempergunakan angkutan ini dengan memakai jas berdasi tapi naik ojek.. 

Sumber : tempo.com
Selain itu, ada transportasi yg tergolong mahal dan sebagian besar yg menggunakan transportasi ini hanya orang-orang yang bisa dibilang menengah ke atas.. yaitu Taksi. Angkutan ini biasanya berupa kendaraan dalam bentuk sedan dan ber-AC. Jenisnya ada taksi biasa dan executive. pengguna angkutan ini biasanya adalah masyarakat menengah ke atas. taksi biasa ngetem di mall, stasiun, bandara dan juga tempat-tempat rame lainnya. Tarif taksi biasanya menggunakan argometer disesuaikan jarak tempuh tujuan.

Sumber : Karolusdanar.com
Ada 1 lagi angkutan yang cukup unik dan tergolong langka, sama seperti kakaknya bemo. yaitu adalah Bajaj. Angkutan ini sebenarnya sebagai pengganti becak yang telah tergusur ke luar kota :( 
Bajaj kendaraan bermotor imut roda 3 ini banyak dijumpai di pasar-pasar serta tempat-tempat rame yang lain sebagai angkutan serbaguna. Dengan warna rata-rata Biru dan Orange. yang berwarna biru menggunakan bahan bakar gas, tetapi yang orange bensin biasa.


Sumber : Solopos.com
Dari semua angkutan umum yg ada di kota Jakarta ini ada 1 angkutan yg dapat memuat banyak penumpang dan mempunyai jalurnya sendiri.. jadi jangan takut kena macet yaaa ;) yaitu KRL atau bisa di kenal dengan sebutan Kereta Listrik. KRL menjadi angkutan favorite masyarakat luar kota Jakarta. angkutan ini memiliki jarak tempuh yang cukup jauh, dengan waktu yang cepat karna angkutan ini tidak mengenal istilah macet. KRL memiliki jalan dengan bebas hambatan. Tarif KRL yaitu Rp.5000. KRL senantiasa menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat berusaha memberikan service yang memuaskan kepada seluruh pengguna KRL dengan terus memperbaiki pelayanan kepada seluruh pengguna angkutan ini demi kepuasan penumpang.

KESIMPULAN 

Masyarakat kota Jakarta Senantiasa di manjakan oleh berbagai Transportasi yang disediakan oleh kota Jakarta. Masyarakat tinggal memilih angkutan sesuai dengan kebutuhan, minat serta tujuan. Dengan adanya sarana transportasi yg beragam di kota Jakarta yang terdiri dari beragam pula masyarakatnya serta kebutuhan. kiranya dapat menunjang semua kegiatan yang dilakukan oleh seluruh masyarakat kota Jakarta menjadi lebih baik...... :)

Support : @BisKota_
                @BismaniaOrg
                @NaikUmum

Follow :  @theo_1626
add      :  Theo Tandiara (fb)

0 komentar:

Post a Comment